Materi Aktualisasi Diri - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



Materi Aktualisasi Diri - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 


Aktualisasi diri merupakan puncak dari kedewasaan dan kematangan diri seseorang. Hal ini ditandai degan bagaimana seseorang bisa menyadari dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup.


Karakteristik Aktualisasi Diri diantaranya adalah :


Mandiri

Orang yang telah mencapai aktualisasi diri umumnya adalah orang yang mandiri. Ia biasanya sangat menghargai kesendirian dan tidak pernah bergantung pada orang lain dalam melakukan banyak hal. Pribadi ini biasanya juga tidak terpengaruh pada apa yang dipikirkan orang lain tentangnya.


Realistis

Realistis merupakan salah satu sifat utama orang yang sudah mencapai tahap aktualisasi diri. Biasanya orang yang sudah mencapai aktualisasi diri tidak mudah takut pada hal-hal yang tidak jelas dan tidak ia ketahui secara langsung. Sebaliknya, ia justru selalu fokus pada apa yang ada dan sedang terjadi di dalam hidupnya.


Problem Solving

Orang yang sudah mencapai aktualisasi diri umumnya memiliki rasa tanggung jawab dan etos kerja yang tinggi, sehingga cenderung lebih fokus untuk memecahkan masalah. Hal ini tidak hanya diterapkan untuk dirinya tetapi juga untuk orang lain.


Mempunyai Selera Humor yang Tinggi

Karakteristik lain dari orang yang sudah mencapai aktualisasi diri adalah memiliki jiwa humor yang tinggi. Ia dapat menikmati humor dalam berbagai kondisi dan situasi. Ia juga mampu membantu orang lain melihat suatu masalah dari sudut pandang positif tanpa membuat tersinggung.


Menghargai Proses

Orang yang sudah mencapai aktualisasi diri umumnya memiliki tujuan yang konkret pada setiap hal yang dilakukannya. Meskipun demikian, ia tidak hanya fokus pada tujuannya tetapi juga akan menghargai setiap proses yang dilalui dalam mencapai tujuan tersebut.



 


Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil guna mencapai aktualisasi diri diantaranya:

  1. Meningkatkan rasa empati
  2. Memberanikan diri mencoba hal-hal baru
  3. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri
  4. Menghargai hal-hal kecil
  5. Menerima setiap hal yang terjadi dalam hidup
  6. Tidak mengambil pusing perkataan orang lain
  7. Bersikap jujur pada diri sendiri dan melakukan hal-hal yang bisa membawa kita mencapai tujuan hidup

Contoh kebutuhan aktualisasi diri:

  1. Berusaha selalu menjadi juara
  2. Termotivasi melakukan yang terbaik dan terus memperbaiki diri
  3. Melakukan hal yang bermanfaat
  4. Menggali kemampuan yang terpendam
  5. Menjalani kegiatan ekstrakurikuler
  6. Mengikuti kegiatan cerdas cermat, olimpiade, dan lomba kompetensi siswa
  7. Mengikuti kegiatan lomba antar masyarakat
  8. Bekerja dengan mengembangkan bakat
  9. Melakukan yang terbaik saat latihan
  10. Menjadi orang yang terlatih dan disiplin
  11. Melakukan hal baru yang bermanfaat
  12. Melatih kemampuan berolahraga


CONTOH PROYEK SISWA MEMBUAT AKTUALISASI DIRI SECARA TERTULIS



Aktualisasi diri saya dimulai ketika saya memasuki sekolah SMK Jurusan Tata Busana, ketika saya masih SD saya tergolong anak yang pendiam dan tidak terlalu menonjol di dalam kelas. Tetapi saya selalu berkeinginan untuk menjadi yang terbaik walaupun ternyata teman-teman saya lebih baik dari saya. Ketika SD saya suka mengikuti melukis dan desain, walaupun tidak memperoleh juara tetapi saya tidak pernah berkecil hati.


Ketika SMP saya juga bukan siswa yang tergolong pintar, mungkin bisa di bilang terbawah. Namun, dengan kesadaran dan keinginan diri saya untuk membanggakan kedua orang tua saya, walau pun orang tua saya tidak pernah mempermasalahkan peringkat saya di SMP. Saya berusaha dengan memperhatikan guru ketika sedang menerangkan, karena saya adalah anak yang tergolong tidak suka membaca buku dan menulis saat pembelajaran.


Namun, disisi lain saya sangat menyukai berdiskusi dengan teman didalam kelas. Dan dari hasil usaha saya, peringkat saya dikit demi sedikit naik. Dan akhirnya ketika kelas 9 SMP saya bisa masuk 5 besar yang tadinya saya peringkat terakhir dikelas saya.


Ketika memasuki SMK saya bertekad harus mempertahankan prestasi saya. Karena saya sudah berniat maka selanjutnya saya harus berusaha. Dan hasilnya saya selalu masuk 10 besar terus selama 3 tahun. Selain itu, saya juga berkeinginan menjuarai Lomba Komptensi Siswa tingkat Nasional dalam bidang teknologi mode pakaian. Dan ketika kelas 3 saya mendapatkan kesempatan untuk memasuki Perguruan tinggi favorit yang bisa di bilang favorit di Indonesia.


Selanjutnya setelah masuk perguruan tinggi negeri saya ingin terus berada pada jurusan tata busana untuk tetap melajutkan cita-cita saya sebagai seorang desaigner mode pakaian internasional. Selain itu, saya ingin aktif di organisasi kampus dengan menduduki posisi-posisi strategis. Selain itu, saya ingin mengembangkan budaya ilmiah dengan menulis berbagai buku serta menjuarai berbagai kompetensi inovatif mahasiswa dan menjadi mahasiswa berprestasi.

 

Cinta adalah suatu proses aktualisasi diri yang bisa membuat orang melahirkan tindakan-tindakan produktif dan kreatif. Dengan cinta, seseorang menyadari bahwa ia akan mendapatkan kebahagiaan bila mampu membahagiakan orang yang dicintainya. Timbulnya kebahagiaan itu pada gilirannya menghendaki tindakan-tindakan seperti perlindungan, perhatian, tanggung jawab, dan pengetahuan.