Pengertian LMS dan 5 Fitur Unggulannya

LMS atau Learning Management System

Para akademisi mungkin tidak asing dengan LMS atau Learning Management System. Software ini dirancang untuk menyampaikan konten pembelajaran. 


Pengertian LMS tidak asing lagi dalam dunia pendidikan sejak pandemi COVID-19. Para pendidik tentunya harus terbiasa dengan hal-hal baru yang menunjang pembelajaran termasuk LMS. Tujuan dihadirkannya hal baru ini adalah untuk memudahkan proses belajar mengajar secara daring.  Pengertian LMS (Learning Management System) adalah sebuah software yang digunakan untuk mengatur dan memberikan konten belajar. Termasuk di dalamnya metode belajar, pembuatan silabus, mengelola, dan menyuguhkan materi online kepada pelajar.  


Dulu sistem ini lebih akrab disebut e-learning yang dihadirkan guna memudahkan para pengajar dalam pembelajaran online. Selain pengajaran, para pelajar pun menjadi lebih mudah dalam mengakses pelajaran. 


LMS memiliki fitur yang sangat berguna untuk mendukung proses pembelajaran, seperti: 


ANTARMUKA YANG RAMAH (MOBILE FRIENDLY)

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang responsif dan mudah digunakan. Penggunaannya sangat intuitif, sehingga pengguna tidak akan bingung saat membuka software ini. Selain itu, tampilannya yang menarik membuat lebih nyaman bagi penggunanya. 


REGISTRASI ONLINE 

Ini adalah salah satu fitur yang diperlukan untuk memungkinkan siswa mendaftar secara online dari halaman tertentu. Pendaftaran harus semudah mungkin karena berkaitan dengan pembelajaran dan referensi rencana pelajaran. 


KELAS ONLINE 

Adanya LMS memungkinkan guru untuk membuat kelas online dimana proses belajar mengajar dapat dilakukan tanpa kontak fisik. Kelas online memiliki materi pembelajaran seperti video, animasi, rekaman audio, artikel, dan e-book. 


KONFERENSI VIDEO 

Fitur ini memungkinkan guru dan siswa untuk bertemu tatap muka secara online. Perangkat ini memungkinkan komunikasi secara efektif antara dua pihak atau lebih melalui audio dan video.


KUIS DAN UJIAN 

Kuis dan ujian diperlukan untuk menilai proses pembelajaran yang dilakukan. Fitur ini sangat berguna untuk memperlancar distribusi soal kepada siswa. 


Itulah pengertian LMS (Learning Management System) beserta beberapa fitur yang mendukung pembelajaran. Dengan adanya software ini diharapkan pembelajaran tetap efektif, meski dalam suasana daring.

"Teknologi hanyalah alat. Dalam hal membuat anak-anak bekerja bersama dan memotivasi mereka, guru adalah yang paling penting." -- Bill Gates


I am admin https://jumankera.com