Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja

 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja - Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Mental yang sehat akan menciptakan pikiran positif sehingga tubuh akan berfungsi secara baik. Kesehatan mental akan berpengaruh pada emosional, psikologis, dan sosial dan mempengaruhi cara berpikir, merasakan, dan berprilaku.

 

Menjaga kesehatan mental yang baik juga akan membantu menentukan cara mengelola stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat sebuah pilihan. Jika kesehatan mental terganggu, pikiran, suasana hati, dan perilaku akan terpengaruh sehingga kondisi fisik dan kualitas hidupmu akan menurun.

 

Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting terutama bagi remaja. Hal ini dikarenakan merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan kesejahteraan bagi emosional seseorang. Menurut WHO kesehatan mental digambarkan ketika seseorang mampu mengatasi tekanan sosial. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental yang dapat dilakukan oleh remaja :


PRODUKTIF

Menjaga kesehatan mental yang paling mudah adalah tetap melakukan aktivitas-aktivitas produktif. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas yang digemari. Pada saat beraktivitas, seseorang akan menciptkan suasana hati yang sesuai dengan apa yang ia sukai.

 

GAYA HIDUP SEHAT

Melakukan gaya hidup seehat bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik seseorang saja, namun juga akan berdampak pada kesehatan mental. Ketika seseorang sehat maka ia akan berpikir lebih baik. Selain itu, mengkonsumsi makanan bernutrisi, istirahat cukup, latihan pernapasan, berolahraga secara rutin dan terutur akan memiliki efek yang optimal pada kesehatan mental seseorang.

 

FOKUS

Menjaga kesehatan mental juga dapat dilakukan dengan mencoba fokus pada apa yang dilakukan. WHO menganjurkan agar seseorang membebaskan pikiran dari hal-hal yang menganggu pikiran. Fokus bertujuan untuk menghubungkan kembali diri seseorang dengan situasi yang dilalui.

 

JANGAN MENGASINGKAN DIRI

Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan tidak mengasingkan diri dengan orang lain. Berinteraksi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja lebih baik. Luangkan waktu untuk sharing bersama keluarga, teman, sahabat, ataupun pasangan kalian. Tentu saja membahas hal-hal yang positif.

 

MEMINTA BANTUAN PSIKOLOG

Jika masalah tidak kunjung selesai dan terus menerus menganggu pikiran dan aktivitas, segera mencari bantuan terutama profesional seperti psikolog. Bertemu psikolog dapat menjadi media bagi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental.

 

 "Saya tidak pernah malu sedikit pun karena depresi. Tidak pernah. Apa yang memalukan? Saya melewati waktu yang sangat sulit dan saya cukup bangga bisa lolos dari itu." - J. K. Rowling

I am admin https://jumankera.com