Kristalisasi Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Sikap

Pendidikan Karakter

Kristalisasi Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Sikap

Pendidikan karakter adalah proses yang berorientasi pada tindakan untuk mengembangkan kualitas pribadi yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi masyarakat luas. Kualitas-kualitas tersebut meliputi kejujuran, integritas, kesopanan dan lain-lain. Pentingnya pendidikan karakter dapat diukur dari fakta bahwa pendidikan karakter memainkan peran yang signifikan dalam membentuk sikap dan nilai anak-anak pada tahap yang mudah dipengaruhi.


Pendidikan karakter bertujuan untuk menanamkan sifat-sifat positif pada siswa sehingga menjadikan mereka seseorang yang layak yang akan berkontribusi dalam membangun dunia yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan sesama makhluk hidup.


Pendidikan karakter bukan hanya tentang pembelajaran akademik. Pendidikan karakter mencakup prinsip-prinsip, nilai-nilai, etika dan keterampilan hidup. Pendidikan karakter mengajarkan anak-anak untuk membuat keputusan yang baik dengan membantu mereka memahami mana yang benar dan mana yang salah. Pendidikan karakter juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan konsekuensi dari tindakan tersebut. Pendidikan karakter mengajarkan anak-anak untuk bersikap baik dengan membantu mereka menjadi individu yang peduli dan menghargai perasaan orang lain. Pendidikan karakter mengajarkan anak-anak untuk bersikap hormat dengan mendorong mereka untuk menunjukkan kesopanan terhadap orang lain setiap saat. Pendidikan karakter mendorong kejujuran dengan mengajarkan kejujuran dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan sehingga para siswa tidak akan berbohong atau menipu untuk mendapatkan keuntungan materi atau pribadi.


Pendidikan karakter penting karena memberikan kerangka kerja kepada siswa untuk membuat keputusan yang baik sepanjang hidup mereka. Pendidikan karakter membantu siswa membuat keputusan yang baik sepanjang hidup merekPendidikan harus lebih dari sekadar akademis, dan pendidikan karakter menyediakan kerangka kerja non-akademis yang membantu mempersiapkan siswa untuk dunia nyata.


Pendidikan karakter penting karena memberikan kerangka kerja kepada siswa untuk membuat keputusan yang baik sepanjang hidup mereka. Pendidikan karakter membantu siswa membuat keputusan yang baik sepanjang hidup mereka. Pendidikan harus lebih dari sekadar akademis, dan pendidikan karakter menyediakan kerangka kerja non-akademis yang membantu mempersiapkan siswa untuk dunia nyata.


Pendidikan karakter dapat didefinisikan secara luas sebagai upaya untuk mengajar anak-anak dengan cara-cara yang akan membantu mereka berkembang secara beragam sebagai makhluk yang bermoral, berwarganegara, baik, sopan santun, berperilaku baik (dll.). Pendidikan karakter adalah istilah umum yang digunakan secara longgar untuk menggambarkan pengajaran anak-anak tentang nilai-nilai dan moral melalui cerita pribadi atau konten naratif. Program pendidikan karakter kemungkinan akan mencakup semacam sistem untuk mengukur atau melacak kemajuan siswa dalam mencapai tujuan tertentu.


Pendidikan karakter juga dapat melibatkan pengajaran kepada siswa bagaimana berperilaku dalam masyarakat dengan menekankan standar perilaku sosial daripada prestasi akademik sebagai tujuan utama sekolah. Banyak sekolah telah mengadopsi pendekatan ini sebagai cara untuk mengurangi penindasan dengan mempromosikan empati di antara siswa mereka. Salah satu penggunaan yang paling umum mengacu pada pendekatan yang menganjurkan pengajaran karakter 'baik' melalui pemodelan peran oleh guru dan penguatan positif.


Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara:

  1. Guru memiliki ekspektasi yang tinggi untuk semua siswa termasuk dirinya sendiri.
  2. Guru mencontohkan sendiri perilaku yang baik, dan memperkuatnya dengan pujian dan penghargaan (seperti hak istimewa).
  3. Guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk membantu orang lain, seperti memastikan setiap orang mendapat kesempatan untuk pergi pertama atau terakhir selama kegiatan, dll.


Pendidikan karakter merupakan bagian penting dari kurikulum sekolah mana pun. Ketika anak-anak diajarkan nilai-nilai yang benar di usia muda, mereka akan mampu membuat keputusan yang baik sepanjang hidup dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab yang berkontribusi positif bagi masyarakat. Sekolah yang menawarkan program semacam ini akan membantu siswa mengembangkan kualitas pribadi yang lebih baik daripada sekolah yang tidak memiliki instruksi semacam itu di kelas mereka.