Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar

Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar

Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar

Komunikasi adalah salah satu aspek dalam kehidupan. Apa yang kita lakukan dan bicarakan akan mempengaruhi pemahaman orang lain. Misalnya, jika kita memiliki kebiasaan berbicara dengan cara yang tidak baik atau menyebutkan kata-kata kasar, maka akan membuat lawan bicara merasa tidak nyaman dan terganggu. Di sisi lain, bila kita tidak melakukan hal tersebut maka kemungkinan besar dapat memberikan efek positif bagi lawan bicara


Berikan perhatian pada lawan bicaramu

Perhatian adalah sebuah perasaan yang menyatukan. Perhatian adalah kekuatan paling besar manusia, karena tidak hanya dapat melembutkan hati tetapi pun dapat mengubah jalan hidup seseorang.

Perhatian juga merupakan hal yang terpenting dalam komunikasi. Dengan memperhatikan lawan bicara, Anda akan mampu menjadi lebih penuh kesadaran dan nyata di hadapan mereka. Jika seseorang sedang bicara dengan Anda dan Anda hanya mendengarkannya tanpa melihat kepada mereka secara langsung atau cuma tersenyum tanpa melipat tangan ataupun memegang dadanya seolah-olah sedang berdoa tentu saja hal tersebut tidak memberikan rasa aman dan hangat bagi mereka yang sedang berbicara dengan Anda, bukan?

Kuncikan pandanganmu pada wajah lawan bicara

Kuncikan pandanganmu pada wajah lawan bicara.

Sebagai orang yang ingin menjadi lebih baik, kita harus tetap terus berusaha untuk memperbaiki diri, antara lain dengan mengupayakan sesuatu yang baru. Jika kamu ingin bisa menggunakan cara-cara yang baik dan benar dalam berbicara dengan orang lain, maka sebagai awalnya buatlah usaha sangat besar untuk melihat wajah orang yang sedang bercakap-cakap denganmu secara langsung.

Dengarkan rencana dan ucapan lawan bicara

  • Menjaga kewaspadaan: Dalam berkomunikasi, kita harus tetap menjaga kewaspadaan dan tidak berkonsentrasi pada hal-hal yang tidak penting.

  • Mendengarkan rencana dan ucapan lawan bicara: Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mendengarkan sehingga dia dapat mengidentifikasi masalah yang sedang melibatkan orang lain.

  • Memperhatikan detil: Kepemimpinan harus mampu mengidentifikasi detail untuk membantu berbagai masalah yang muncul di organisasi sekitar kita dengan baik dan benar.


Kontrol emosi

Kontrol emosi adalah salah satu dari lima cara komunikasi yang baik dan benar. Jika orang lain mengira kita tidak bisa berkomunikasi, maka pastikan dulu apakah kata-kata yang akan diucapkan terasa jelas dan tidak ketus.

Tidak selalu jadi alasan karena kita tidak mengerti apa yang sedang ditulis oleh seseorang, misalnya, bila si penulis memilih untuk menuliskan sebuah artikel di blog atau situs web tertentu tanpa melibatkan lagi pendengarannya. Biasanya hal ini terjadi bila si penerima (pembaca) merasa tersinggung dengan sesuatu yang dimaksudkan oleh orang lain dan sudah sangat membenci opini tersebut.

Hindari perbedaan pendapat

  • Hindari perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat memang sering jadi tema pembicaraan dalam sebuah diskusi. Karena itu, kita harus tahu bagaimana mengendalikan emosi kita saat berbicara dengan orang lain. Dengan cara ini kita bisa berpikir dan menghindari kelakuan yang tidak pantas.

  • Bagaimana jika terjadi?

Jika kamu sudah tidak mampu menahan emosimu, sebaiknya bersikap tenang dan sabar untuk melihat masalah secara logis sehingga diperoleh hasil yang baik dan lebih jauh lagi ada kesempatan untuk mendengarkan pembelaan dari lawan bicaramu agar keadaan akan terselamatkan dari kerumitan dunia nyata (simulasi).

Komunikasi adalah salah satu aspek dalam kehidupan

Komunikasi adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan. Dapat membantu mengubah pandangan orang lain terhadap dirimu, dan menghentikan hal-hal yang tidak perlu terjadi. Inilah cara berkomunikasi yang baik dan benar. Selamat mencoba! 

I am admin https://jumankera.com