Penerimaan Tamu Penggalang

Penerimaan Tamu Penggalang


Penerimaan Tamu Penggalang

Penerimaan Tamu Penggalang merupakan kegiatan bagi calon penggalang untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota pramuka Penggalang dan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka Siaga menuju pramuka Penggalang serta untuk lebih mmengenalkan pramuka Gugus Depan SMP/MTs. 


Sebagaimana kita ketahui Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi muda. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar sekolah dan keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiayan menarik dan menantang di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta dibawah pengawasan orang dewasa.


Penggalang adalah sebuah golongan setelah pramuka Siaga. Anggota pramukapenggalang berusia dari 11-15 tahun. Disebut Pramuka Penggalang karena sesuai dengankiasan pada masa penggalangan perjuanganbangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesiamenggalang dan mempersatukan dirinya untuk mencapaikemerdekaan dengan adanya peristiwa bersejarah yaitu konggres para pemuda Indonesia yang dikenal dengan “Soempah Pemoeda” pada tahun 1928.


Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Penggalang disebut Regu danKesatuan dari beberapa Regu disebut Pasukan. Setiap Regu beranggotakan 5-10 orang Pramuka Penggalang dan dipimpin oleh seorang Pemimpin regu (Pinru) yang dipilih oleh anggota regu itu sendiri. Masing-masing Pemimpin Regu ini nantiakan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin regu Utamayang disebut Pratama. Pasukan yang terdiri dari beberapa regu tersebut dipimpinoleh seorang Pratama. Dalam Golongan Pramuka Penggalang ada tiga tingkatan, yaitu: 

  1. Penggalang Ramu 
  2. Penggalang Rakit 
  3. Penggalang Terap

Setiap anggota Penggalang yang telah menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) berhak mengenakan TKU (Tanda Kecakapan Umum) sesuaitingkatannya yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barungberwarna dasar Merah. TKU untuk Penggalang berbentuk sebuah janur yang terlipat dua dengan gambar Manggar yakni nama bunga pohon kelapa.


Maka dari itu sebelum masuk ke Gudep di SMP/MTs biasanya akan diadakan Penerimaan Tamu Penggalang sebuah kegiatan bagi calon penggalang untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota pramuka Penggalang dan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka Siaga menuju pramuka Penggalang serta untuk lebih mmengenalkan pramuka Gugus Depan SMP/MTs. 


Tujuan Penerimaan Tamu Penggalang

Kegiatan Penerimaan Tamu Penggalang Tujuannya adalah:

  1. Meningkatkan kemandirian dalam individu maupun kelompok
  2. Menambah wawasan dalam mengenal lingkungan diluar sekolah atau madrasah
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku sekolah atau madrasah
  4. Mempererat persahabatan sesama anggota pramuka
  5. Memantapkan fisik dan mental generasi muda
  6. Menanamkan kepedulian pada sesama

I am admin https://jumankera.com