Sandi Kotak Pramuka

Sandi Kotak Pramuka

Sandi Kotak Pramuka - Kata sandi berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya rahasia. Sandi ialah kode rahasia, dimana kerahasiannya hanya di ketahui oleh sekelompok orang saja. Dalam kegiatan pramuka, sandi di pergunakan pada saat berkemah atau melakukan pengembaraan, supaya dapat melatih diri untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang di hadapi.


Dalam sandi kotak, biasanya kata sandi akan diganti dengan garis lurus, garis tegak lurus, dan kotak. Tanda garis yang ada seringkali dilengkapi dengan tanda titik yang menjadi pembeda setiap huruf dalam kotak tersebut. Dengan demikian, ketika dikombinasikan dengan huruf yang lain akan membentuk huruf yang bisa dibaca.


Sandi kotak merupakan campuran dari huruf dan bentuk palang-palang/kotak yang memiliki arti tertentu. Sandi kotak terdiri dari 3 jenis, yaitu sandi kotak 1, sandi kotak 2, dan sandi kotak 3 dengan bentuk dan kata kunci yang berbeda.


Pengertian jenis-jenis dan contoh sandi kotak pramuka

Sandi Kotak Pramuka 1

Sandi Kotak 1


Dinamakan sandi kotak karena huruf-huruf yang menjadi kode terdapat dalam sebuah kotak yang berbentuk menyilang dan verttikal horizontal yang terdiri dari sembilan kotak. Huruf a sampai r berada di dalam kotak vertikal horizontal dengan susunan menyamping mulai dari kotak 1 ab, 2 cd, 3 ef, 4 gh, 5 ij, 6 kl, 7 mn, 8 op, 9 qr. Adapun st, uv, wx, dan yz berada pada kota dengan bentuk menyilang.


Sandi Kotak Pramuka 2

Sandi Kotak 2


Rumus dari sandi kotak 2 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumus sandi kotak 1. Jika dalam sandi kotak 1 dalam satu kota terdiri dari dua huruf alfabet disertai dnegan titik, maka pada sandi kotak 2 terdiri dari 3 huruf alfabet dalam satu kotak vertikal horizontal dan tanpa menggunakan titik kecuali dalam penerapannya.


Sandi Kotak Pramuka 3

Sandi Kotak 3


Jika dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan sandi kotak 2, sandi kotak 3 termasuk sandi yang unik dan lumayan rumit. Pasalnya anda harus benar-benar menghapal di mana letak masing-masing huruf, tidak seperti sandi kotak 1 dan sandi kotak 2 yang letak hurufnya dapat anda susun dengan mudah sesuai urutan tanpa harus menghapal.

I am admin https://jumankera.com