10 Contoh Permainan Pramuka

10 Contoh Permainan Pramuka


Contoh permainan pramuka banyak sekali variasi dan jenisnya. Permainan dalam pramuka bisa dilakukan didalam ruangan maupun diluar ruangan. Tujuan dari permainan pramuka sendiri adalah untuk mengurangi kejenuhan dalam kegiatan pramuka yang biasanya sangat padat. Baik itu kegiatan indoor maupun outdoor. Permainan pramuka memiliki manfaat untuk merefresh kembali kondisi tubuh dan pikiran para peserta kegiatan pramuka. Sifat dari permainan pramuka sendiri biasanya mengedapankan kerjasama tim dan sangat menyenangkan.


Permainan Pramuka

Berikut beberapa contoh permainan pramuka yang dapat kita lakukan dalam berbagai kegiatan pramuka yang kita lakukan.


1. Petik Lari

Permainan pramuka pertama adalah Petik Lari. Berikut adalah langkah-langkah permainan petik lari:

  1. Posisi awal : Di kiri kanan lapangan berbanjar satu, jarak antara barisan banjar 1 dan 2 15 m.
  2. Aturan bermain : Banjar 1 maju banjar 2 sampai jarak 1 lengan. Berhadap-hadapan. Banjar 2 telapak tangannya disiapkan untuk dipetik (seperti orang meminta) anak banjar satu memetik/menepuk tangan anak di depannya (banjar 2) dan cepat berlari ke tempat bawah garis semula.
  3. Anak yang di petik mengejar dan menepuk anak yang lari sebelum garis batas. Yang kena tepuk berhenti. Anak yang kena tepuk dihitung tiap orang satu angka untuk yang menepuk.
  4. Penilaian : Regu yang mendapat angka terbanyak yang menang.


2. Kerbau Dungkul

Permainan pramuka kedua adalah kerbau dungkul. Berikut adalah langkah permainan kerbau dungkul:

  1. Posisi awal : Lingkaran besar, duduk.
  2. Aturan bernain : Anak no.1 tiap regu maju ke tengah. Merangkak berhadapan, berpasangan pundak bertemu dengan pundak lawan seperti kerbau dengan berlaga. Dengan aba-aba dari Pembina mereka saling mendorong. Siapa yang paling mendorong lawannya mendapat angka.
  3. Anak yang lalin memberi semangat dengan bernyanyi dan bertepuk/bersorak. Permainan dilanjutkan dengan giliran anak no. 2 dan 3 sampai semua anak mendapat giliran.
  4. Penilaian : Regu yang paling banyak mendapat angka jadi juara. Permainan ini hanya untuk penggalang putra.


3. Lari Lipan

Permainan pramuka ketiga adalah lari lipan. Berikut adalah langkah permainan lari lipan:

  1. Posisi awal : Perlombaan, di depan tiap barung/regu dipancangkan tongkat dengan jarak 10 m.
  2. Aturan bermain  : Tiap barung/regu anak-anak berpegang erat dengan anak depannya, dengan cara memeluk pada perutnya, menyerupai lipan.
  3. Dengan aba-aba dari Pembina lipan itu cepat-cepat lari menuju tongkat di depannya dan berputar mengelilingi tongkat kembali ketempat semula dan berbaris rapi.
  4. Penilaian  : Barung/regu berbaris rapi lebih dahulu yang menang.


4. Tawon dan Bunga

Permainan pramuka keempat adalah tawon dengan bungan. Langkah permainan pramuka tawon dengan bungan sebagai berikut:


Posisi awal : Lingkaran kecil. Anggota barung/regu tersebar tidak berkumpul menjadi satu, semua jongkok bergandengan erat. Seorang ditunjuk oleh Pembina sebagai “Tawon”, lainnya sebagai “Bunga”.


Aturan bermain : Tawon terbang berputar-putar sambil mendengung lalu mendekati salah satu bunga, kemudian terjadi tanya jawab :


B : “Siapa itu?”

T : “Saya Tawon.”

B : “Mau apa?”

T : “Saya hendak memetik bunga.”

B : “Bunga apa?”

T : “Bunga Mawar .”

B : “Petiklah.”


Tawon lalu memilih salah seorang anak dan menariknya untuk dilepas dari barisan. Boleh memilih yang lain sampai mendapat satu bunga. Bunga yang dilepas menjadi Tawon. Dan permainan di lanjutkan. Tawonnya 2 ekor dan bunga yang harus di petik 2 kuntum. Dan permainan dilanjutkan terus sampai tawonnya banyak (30 % anak yang ikut).


Kemudian Tawonnya dihitung dan dipilih-pilih dari regu apa. Tawon yang pertama tak ikut dihitung (permainan ini hanya untuk anak putra).


Penilaian : Barung/regu paling sedikit tawonnya juara.


5. Bintang Berpindah

Permainan pramuka kelima adalah bintang berpindah. Langkah permainan pramuka bintang berpindah adalah sebagai berikut:

  1. Posisi awal  :  Lingkaran besar.
  2. Aturan bermain :  Anak-anak bergandengan dua-dua, muka belakang rapat, jarak pasangan satu dengan yang lain 3 m. seorang dari regu A dan regu Bmenjadi bintang yang pindah. Kedua anak ini siap di tengah lingkaran. Satu dengan yang lain jaraknya 3 m.
  3. Dengan aba-aba dari Pembina, B berlari menempel salah satu pasangan di depannya. A mengejar dan menepuk B, sebelum menempel pada salah satu pasangan. Bila B menempel pada salah satu pasangan sebelum kena, maka anak yang di belakang yang ditempel B harus lari dan pindah menempel di depan pasangan lain. Demikian seterusnya.
  4. Bila yang lari kena tepuk, maka mereka mejadi pasangan bintang baru. Pembina menunjuk lagi 2 orang, 1 dari regu C dan satu lagi dari regu D, untuk menjadi bintang yang akan kejar-kejaran. Permainan diteruskan bila anak yang di kejar terlalu jauh meninggalkan lingkaran, dianggap telah kena tepuk.
  5. Penilaian  :  Anak yang dapat menepuk mendapat angka 1, yang di tepuk nilainya kurang 1. Regu yang mendapat nilai terbanyak menang.


6. Gembala Sapi dan Harimau

Permainan pramuka keenam adalah gembala sapi dan harimau. Permainan pramuka ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

Posisi awal  :  Perlombaan. Buat segi empat di lapangan dengan ukuran : lebar 10 m, panjang 20 m, garis panjang dibagi tiga. Dua ruang kiri dan kanan adalah ruang bebas 5 m.


Aturan permainan  :  3 orang dari regu A ditunjuk sebagai harimau seorang dan 2 orang gembala. Harimau bersiap di tengah lapangan. Gembala I di ruang bebas kiri dan gembala II di ruang bebas kanan.


Anak yang lain sebagai sapi, berdiri di ruang bebas bersama gembala I. Setelah Pembina memberi perintah. Maka bicara :


G II   : “Gembala I, keluarkan sapinya !”

G I    : “ Tak berani”

G II   : “Mengapa ???”

G I    : “Ada Harimau”

G II   : “Harimau sudah ditangkap kelurkan Sapinya”

G I    : “Ayo keluar”


Semua Sapi lari menutu ruang bebas Gembala II. Harimau berusaha menepuk sapi sebanyak-banyaknya. Yang kena tepuk ke luar lapangan dan dihitung. Regu yang menepuk (Harimau) mendapat angka 1 tiap Sapi yang menepuk. Regu yang Sapinya kena tepuk angkanya kurang 1. Permainan dilanjutkan, Harimau dan gembala diganti dengan regu lain.


Penilaian  :  Regu yang mendapat nilai banyak pemenangnya.


7. Loncat Berantai

Permainan pramuka ketujuh adalah loncat berantai. Permainan pramuka ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Perlombaan terbuka. Depannya diberi batas dengan jarak 15 m.
  2. Aturan bermain : Anak hadap kanan lalu membungkuk (seperti orang rukuk dalam sholat). Dengan jarak 1 lengan. Anak yang paling belakang dalam satu regu melompati anak yang ada di depannya berturut-turut sampai semua terlewati dan kemudian membungkuk urut dengan anak yang lain. Anak yang paling belakang melompat seperti terdahulu, demikian diteruskan sampai menyentuh garis batas.
  3. Penilaian : Yang tercepat sampai kebatas yang menang.


8. Mengusik Kera

Permainan pramuka ke delapan adalah mengusik kera. Permainan pramuka ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Bebas. Lapangan di buat lingkaran dengan garis tengah 10 m.
  2. Aturan bermain : Tunjuk seorang dari anggota barung/regu sebagai “Kera”. Kera merangkak dan melompat-lompat di tengah lingkaran.anak yang lain masuk dalam lingkaran menggoda mengusik dan berusaha menepuk Kera dengan tangan.
  3. Kera berusaha manepuk anak-anak dengan tatap merangkak dan berusaha menepuk anak-anak dengan tangan dan kaki. Siapa dapat menepuk (anak/kera) mendapat angka 1. Tiap 5 menit, bergiliran barung/regu menunjuk seorang anggotanya jadi Kera sampai semua barung/regu telah dapat giliran.
  4. Penilaian : Setelah nilainya dihitung, yang mendapat nilai banyak jadi juara.


9. Lingkaran Mahkota

Permainan pramuka kesembilan adalah lingkaran mahkota. Permainan pramuka ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Lingkaran besar di tenga-tengah diberi tanda lingkaran dengan garis tengah 1,5 m. Pembina berada didekat lingkaran tengah.
  2. Aturan bermain : Anak-anak berbaris berbentuk lingkaran besar,sambil berjalan dan bernyanyi gembira dengan tepuk tangan bila Pembina meniup peluit, anak-anak berlari ke lingkaran yang di tengah.
  3. Pembina menghitung masing-masing regu berapa anak yang berada dilingkaran, yang berada dalam lingkaran mendapat “Mahkota”. Permainan dimulai lagi .
  4. Penilaian : Setelah selesai dihitung barung/regu apa yang paling banyak mendapat “Mahkota” adalah yang menang.


10. Kepiting Jantan

Permainan pramuka kesepuluh adalah kepiting jantan. Permainan pramuka ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Satu saf di depan barisan diberi batas dengan jarak 10 m.
  2. Aturan bermain : Anak no. 1 tiap barung/regu maju satu langkah kemudian merangkak terlentang, dengan aba dari Pembina, cepat merangkak menuju batas, yang paling cepat sampai batas mendapat angka 3, yang 2 mendapat angka 2, yang ke 3 angkanya 1, yang berikutnya tidak  mendapat angka. Kemudian giliran no 2, no. 3 sampai semua anak mendapat giliran. Permainan tidak perlu diulang dan hanya untuk anak pria.
  3. Penilaian  :Barung regu yang nilainya terbanyak juaranya.


Demikian 10 contoh permainan pramuka yang dapat kita implementasikan dalam berbagai kegiatan pramuka. Semoga permainan pramuka ini bisa menjadi referensi kita dalam membuat kegiatan pramuka semakin mengasikan dan diminati generasi muda. Semoga bermanfaat.

I am admin https://jumankera.com

4 komentar

  1. Materinya sangat bermanfaat tentang Contoh Permainan Pramuka

    BalasHapus
  2. Materinya Permainan Pramuka sangat lengkap dengan langkah-langkahnya bisa saya terapkan dalam kegiatan disekolah kami

    BalasHapus