5 Permainan dalam Pramuka Asik dan Menyenangkan

5 Permainan dalam Pramuka Asik dan Menyenangkan


Berikut adalah contoh permainan dalam pramuka yang asik dan menyenangkan. Permainan dalam pramuka merupakan hal yang penting dalam kegiatan pramuka. Permainan dalam pramuka bisa berbentuk didalam ruangan maupun diluar ruangan. Game dalam pramuka ini adalah bentuk kegiatan yang mengasah kerjasama tim. 


Permainan dalam kegiatan pramuka biasanya mengedepankan prinsi menyenangkan, sehat, teratur, bekerja sama tim, dan berada di alam terbuka. Selain itu, tujuan permainan dalam pramuka adalah mengurangi kejenuhan dan ketegangan selama kegiatan pramuka. Tentu saja, dengan adanya permainan ini akan menjadikan pikiran rileks kembali.


Permainan dalam Pramuka

Berikut adalah 5 contoh permainan dalam pramuka yang asik dan menyenangkan diantaranya:

1. Tangkai Sapu Ajaib

Permainan dalam pramuka yang pertama adalah tangkai sapu ajaib. Permainan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk saling mengenal satu sama lain lebih jauh. Bahan yang digunakan pun sederhana yakni satu tangkai sapu.


Langkah permainan:

  1. Peserta membentuk lingkaran, tangkai sapu di letakan di tengah lingkaran.
  2. Peserta diminta membawakan satu macem karakter. Tangkai sapu dimainkan sebagai benda yang ada hubungannya dengan karakter yang di bayangkan, bukan sebai tangkai sapu.
  3. Mereka diminta maju satu persatu ke tengah lingkaran untuk memperagakan karakter yang di bayangkan tersebut.
  4. Para peserta yang lain disuruh menerka identitas karakter yang sedang di peragakan.
  5. Seluruh peserta harus mendapat kesempatan memperagakan karakter khayalannya.


Latihan ini di maksudkan sebagai latihan agar peserta dapat menggunakan tubuhnya untuk menampilkan karakter khayalan. Spontanitas dan ketelitian harus di usahakan terus berkembang. Jangan ada dua karakter permainan yang sama. Kalau para peserta melihat satu karakter yang sama dengan yang sudah di peragakan, yang sedang memperagakan itu di minta untuk mengganti karakternya.


Variasi permainan:

Para peserta boleh memperagakan sebanyak mungkin karakter yang mereka inginkan.Di saat seorang peserta memperagakan satu karakter, peserta yang lain boleh ikut main dengan karakter itu.  Boleh menggunakan lebih dari satu benda, misalnya, tangkai sapu dan kain lap. Tergantung kapasitas para peserta.


2. Peta Kehidupan

Permainan dalam pramuka yang kedua adalah peta kehidupan. Tujuan dari permainan ini adalah memberikan kesempatan bagi peserta untuk saling mengenal, menghilangkan hambatan yang disebabkan oleh perasaan malu dan menumbuhkan sikap saling percaya dan terbuka antar peserta.


Langkah permainan:

Menggambarkan pengalaman pribadi, pengalaman khusus yang mengesankan, yang ingin di bagi kepada peserta lainya. Caranya, dengan menggambarkan garis kehidupan dari mulai lahir sampai saat ini. Bila pada usia tertentu ada peristiwa yang sangat membahagiakan, maka garis tersebut naik, dan sebaliknya bila peristiwa tersebut menyedihkan.


Pada titik tersebut bias diberi gambar yang menunjukan peristiwanya, contoh : pada usia 28 tahun menikah, maka pada titik tersebut bisa mnggambarkan pasangan pasangan pengantin atau lainnya yang di anggap sesuai dengan peristiwa yang di maksud prestasi masing-masing.


3. Buat Barisan

Permainan dalam pramuka yang ketiga adalah buat barisan. Tujuan dari permainan ini adalah agar seluruh peserta dapat berkenalan lebih jauh, mulai dari ciri fisik, sifat-sifat, sekaligus membangun kerjasama dalam kelompok.


Langkah permainan:

Peserta dibagi dalam dua kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bias masuk dalam salah satu kelompok). Pemandu menjelaskan aturan permainan, sebagai berikut:

  1. Ketua kelompok akan berlomba menyusun barisan, barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu; tinggi badan, panjang rambut, usia, dst.
  2. Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian ke 2 kelompok, selesai atau belum harus jongkok.
  3. Setiap kelompok secara bergantian harus memeriksa apakah kelompok lawan melaksanakan tugasnya dengan benar.
  4. Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat (bila kelompok dapat menyekesaikan tugasnyasebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).

 

Sebelum pertandingan dimulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.


4. Menggambar Wajah

Permainan dalam pramuka yang keempat adalah menggambar wajah. Kegiatan ini bertujuan untuk Membantu peserta untuk memandang langsung ke dalam mata pasangannya, saling mengenal cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini bias membantu proses untuk saling terbuka dan tidak lagi kikuk satu dengan yang lainnya. Selain itu, untuk melatih peserta satu cara sederhana menggambar dan menghilangkan perasaan peserta bahwa mereka tidak mampu menggambar.  


Langkah permainan:

  1. Dengan sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan dan mulai menggambar wajah pasangannya. Bisa mulai dari mana saja  tetapi tidak boleh melihat kertas sama sekali. 
  2. Gerakan tangan mengikuti arah gerak pandangan dan menelusuri garis wajah pasangannya.
  3. Setelah selesai menggambar, masing-masing pasangan mewawancarai pasangannya, mengenai nama, tempat tinggal, pekerjaan, umur, keluarga, dan sebagainya waktunya cukup 5 menit saja untuk tiap peserta.
  4. Kemudian setiap pasangan tampil di depan kelompok memperkenalkan pasangannya dengan cara menunjukan gambar pasangannya menyebutkan: “Nama saya ….(nama pasangan), tempat tinggal …., dst.


5. Rantai Nama

Permainan dalam pramuka yang kelima adalah rantai nama. Kegiatan permainan ini bertujuan agar kelompok yang saling kenal nama masing-masing,agar lebih akrab,serta memberipengalaman didepan forum.


Langkah permainan:

Peserta bersama pemandu berdiri dalam lingkaran. Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut:

  1. Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri disebelahnya (kiri / kanan ) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. Peserta ketiga menyebutkan nama pesrta pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
  2. proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, di mulai dari peserta terakhir menyebutkan rantai nama tersebut.

 

Variasi permainan

Buat lingkaran, setiap peserta bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta lain menirukan begitu seterusnya sampai selesai satu putaran. Putaran ke dua, semua peserta mengulangu lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan urutan seperti semula.


Demikian adalah 5 contoh permainan dalam pramuka. Tujuan dan manfaat dari permainan dalam pramuka tentu saja sangat baik untuk para peserta agar dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. Semoga bermanfaat.

I am admin https://jumankera.com

4 komentar