Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga & Prospek Kerjanya

Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga & Prospek Kerjanya

Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki visi menghasilkan lulusan untuk menjadi tenaga kerja akuntansi tingkat menengah yang mumpuni, sanggup mengerjakan pembukuan keuangan di perusahaan kecil maupun Nasional dan siap untuk mengembangkan sikap professional yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dunia industri.

Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga


Misi Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan diklat dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan mitra kerja (institusi pasangan).
  3. Melaksanakan proses pembelajaran dengan disiplin yang berpijak pada semangat asah, asih, asuh.
  4. Melatih peserta didik dalam Jurusan akuntansi agar dapat bekerja dengan baik dan mandiri.
  5. Mendidik peserta didik agar mampu berkompetensi dan mengembangkan sikap professional.

Kompetensi kelulusan

Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Menerapkan etika profesi dalam bekerja
  2. Mengelola bukti transaksi keuangan dan entri jurnal serta membuat dan menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur
  3. Mengelola bukti transaksi keuangan dan entri jurnal serta membuat dan menyusun laporan realisasi anggaran untuk akuntansi pemerintahan.
  4. Mengelola kas kecil, kas bank, kartu piutang, aktiva tetap, kartu utang dan persediaan
  5. Menyajikan laporan harga pokok produk dalam perusahaan manufaktur
  6. Mengelola administrasi pajak
  7. Mengoperasikan program pengolahan angka (Sspread Sheett)
  8. Mengoperasikan aplikasi computer akuntansi (Program MYOB, ACCURATE)


Prospek Kerja Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Tamatan atau lulusan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Pegawai Negeri Sipil
  2. Staff Keuangan Perusahaan
  3. Staff Akunting Perusahaan (book keeper)
  4. Staff Kantor Akuntan Publik

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.


Tenaga bagian akuntansi sangat diperlukan oleh seluruh perusahaan kecil, menengah, dan besar. Baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan pabrik karena data yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.


KOMPETENSI DAN MATERI YANG DIAJARKAN JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Simulasi dan Komunikasi Digital

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) serta memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.


Ekonomi Bisnis

Mata pelajaran ekonomi bisnis mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan ilmu ekonomi dan membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya


Administrasi Umum

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarakan untuk menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi, menerapkan komunikasi di tempat kerja serta menerapkan pencatatan keuangan sederhana.


Etika Profesi

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan, menganalisis kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan serta menganalisis faktor resiko kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan.


Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan paket program pengolah angka/spreadsheet, menerapkan format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk siklus akuntansi perusahaan jasa dandagang serta mengevaluasi kegiatan keuangan dengan aplikasi pengolah angka yang ditetapkan oleh perusahaan


Akutansi Dasar

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk memahami asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi, memahami tahapan siklus akuntansi serta melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal, buku besa, membuat jurnal penyesuaian dan menyusun laporan keuangan.


Perbankan Dasar

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menghitung simpanan dana giro, menghitung simpanan dan tabungan, menghitung simpanan dana deposito serta menyusun laporan kredit perbankan


Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menerapkan siklus akuntansi mulai dari mengidentifikasi buktri transaksi, membuat jurnal umum dan khusus, menyusun buku besar, serta menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa, dagan-g, dan manufaktur.


Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah

Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk melakukan pencatatan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan, melakukan pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan serta menyusun laporan keuangan desa /kelurahan yang meliputi penyusunan neraca saldo, pencatatan jurnal


Akuntansi Keuangan

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan pengelolaan dana kas perusahaan di bank dan melakukan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka)


Komputer Akuntansi

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menggunakan system komputerisasi akutansi untuk mengentri data, membuat jurnal, serta menyusun laporan keuangan.


Administrasi Pajak

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21, melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh pasal 21, melakukan perhitungan PPh Badan terutang serta melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh badan


Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bertujuan untuk membekali siswa ilmu mengenai pembentukan usaha mulai dari mendesign usaha, menghitug harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha.


Demikian materi Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga & Prospek Kerjanya, semoga bermanfaat!

I am admin https://jumankera.com