5 Metode Pengembangan Diri Guru

5 Metode Pengembangan Diri Guru

Mengenal 5 metode pengembangan diri guru penggerak yaitu coaching, mentoring, konseling, fasilitasi dan training. Dalam menghadapi tuntutan perubahan dan perkembangan di berbagai bidang, penting bagi seorang guru untuk terus memaksimalkan potensinya guna meningkatkan kinerjanya. Hal ini menjadi lebih krusial, terutama bagi seorang guru penggerak, di mana pengembangan diri menjadi suatu keharusan. Upaya pengembangan diri tersebut dapat didukung oleh kepala sekolah dan rekan sejawat.

Pada artikel ini, kita akan menjelajahi konsep coaching dan perbandingannya dengan pendekatan lain seperti mentoring, konseling, fasilitasi, dan training.




Salah satu pendekatan yang efektif dalam pengembangan diri guru adalah melalui coaching. Menurut definisi International Coach Federation, coaching merupakan suatu proses kolaborasi yang berorientasi solusi, fokus pada hasil, dan sistematis. Artikel ini akan menjelajahi konsep coaching dan membandingkannya dengan pendekatan lain seperti mentoring, konseling, fasilitasi, dan training.

Pertama, coaching merupakan bentuk kemitraan yang memfokuskan pada peningkatan performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi. Berbeda dengan mentoring yang lebih menekankan pada transfer pengetahuan dan keterampilan, coaching lebih menitikberatkan pada membantu individu belajar dari diri mereka sendiri. Tujuan utamanya adalah membimbing individu (coachee) untuk menemukan ide baru atau cara mengatasi tantangan, serta mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam coaching, coachee yang mengambil keputusan, sementara coach memfasilitasi dengan mendengarkan aktif dan mengajukan pertanyaan.

Selanjutnya, mentoring melibatkan hubungan antara seseorang yang berpengalaman (mentor) dan yang kurang berpengalaman (mentee). Mentor menggunakan pengalamannya untuk membantu mentee mengatasi kesulitan, mendorong pilihan terbaik, dan memfasilitasi perkembangan. Bedanya dengan coaching, mentoring seringkali melibatkan pemberian tips langsung untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu.

Konseling, di sisi lain, adalah hubungan bantuan yang fokus pada pertumbuhan pribadi, penyesuaian diri, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Sebagai seorang ahli, konselor membantu individu mengubah sikap dan tingkah laku mereka. Konseling umumnya dilakukan ketika ada masalah emosional dan psikologis, dengan fokus pada pembenahan masa lalu. Ini berbeda dengan coaching yang lebih berorientasi pada solusi dan pertumbuhan masa depan.

Fasilitasi melibatkan seseorang yang netral di luar kelompok untuk membantu kelompok mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah, serta membuat keputusan. Tujuan fasilitasi adalah meningkatkan efektivitas kelompok dengan memudahkan proses identifikasi masalah dan pengambilan keputusan. Tidak seperti coaching yang bersifat individu, fasilitasi fokus pada efektivitas kelompok.

Terakhir, training adalah usaha terencana untuk memfasilitasi pembelajaran tentang pengetahuan, keahlian, dan perilaku oleh para pegawai. Dalam training, trainer berperan sebagai ahli yang berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilan trainee. Bedanya dengan coaching yang lebih bersifat kolaboratif dan personal.

Dalam menghadapi tantangan dan mencapai tujuan, setiap guru dapat memilih pendekatan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, coaching tetap dianggap sebagai metode yang kuat dalam membantu membuka potensi tersembunyi dan mencapai pertumbuhan pribadi yang signifikan.

Demikian, konsep 5 Metode Pengembangan Diri Guru coaching dan perbandingannya dengan pendekatan lain seperti mentoring, konseling, fasilitasi, dan training.

I am admin https://jumankera.com