Download Format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD/MI dan SMP/MTs

Download Format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD/MI dan SMP/MTs




Penilaian merujuk pada proses pengumpulan dan pengolahan informasi guna mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik.

Jenis asesmen, sesuai fungsinya, mencakup tiga kategori: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).

Selama ini, pelaksanaan asesmen lebih berfokus pada asesmen sumatif yang digunakan untuk mengisi laporan hasil belajar. Sayangnya, hasil asesmen jarang dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran.

Dalam pembelajaran paradigma baru, pendidik diharapkan lebih memprioritaskan asesmen formatif daripada sumatif, dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk terus memperbaiki proses pembelajaran.

Kurikulum Merdeka memiliki dua bentuk penilaian, yaitu Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Meskipun keduanya berfungsi sebagai asesmen dalam pembelajaran, keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Dalam Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Penilaian atau asesmen adalah bagian integral dari proses pembelajaran. Dilakukan untuk mencari bukti atau dasar pertimbangan tentang pencapaian tujuan pembelajaran.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat dua asesmen yang dilakukan dalam proses penilaian:

  • Penilaian Formatif: Bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, serta memberikan umpan balik tentang perkembangan mereka.
  • Penilaian Sumatif: Bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) peserta didik. Digunakan sebagai dasar untuk menentukan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.

Dalam rangka mendukung proses penilaian terarah dan mencapai tujuan pembelajaran, hasil penilaian diintegrasikan ke dalam daftar nilai peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Format Penilaian Sumatif dan Formatif Kurikulum Merdeka SD/MI dan SMP/MTs dapat diunduh untuk informasi lebih lanjut. (DISINI)

I am admin https://jumankera.com