Strategi Pembelajaran TVET

Strategi Pembelajaran TVET


Strategi Pembelajaran TVET

Strategi Pembelajaran TVET - TVET merupakan singkatan dari Technical and Vocational Education and Training. Strategi pembelajaran TVET merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan dengan memperhatikan sasaran yang tepat, tujuan yang jelas, kompetensi dan indikator kinerja yang jelas, serta transformasi pencapaian misi dan visi TVET di abad XXI yang terukur.


Strategi pembelajaran TVET dikembangkan dengan memperhatikan daya dukung sumberdaya yang tersedia di lapangan. TVET merupakan pendidikan bersertifikat skill berstandar dunia kerja (dudi), dihargai kompetensinya, berkembang karirnya serta memperoleh kesejahteraannya.


Sebagian besar negara Asia Tenggara sekarang menempatkan Technical and Vocational Education and Training (TVET) di garis depan sistem pendidikan, menjadikannya prioritas dalam agenda pendidikan mereka untuk mendukung pembangunan sosial-ekonomi negara (SEAMEO VOCTECH 2012). 


Tujuan strategi pembelajaran TVET untuk SMK

  1. memahami persyaratan kompetensi yang diinginkan dunia kerja
  2. melakukan pekerjaan rutin
  3. menguasai prosedur kerja sehari-hari
  4. menerapkan standar keamanan kerja
  5. meningkatkan produktivitas
  6. mampu bekerja dalam tim kolaboratif
  7. melek digital dan simbol-simbol dalam pekerjaan
  8. memperhatikan kualitas dan efisiensi
  9. menerapkan standar etika dan moralitas kerja
  10. memahami perubahan nasional
  11. memiliki jiwa kewirausahaan



TVET ini menyediakan kerangka kerja yang komprehensif untuk desain dan pengembangan kebijakan dan strategi nasional untuk mengatasi tantangan pendidikan vokasi dan kejuruan untuk mendukung pembangunan ekonomi, kekuatan nasional dan berkontribusi pada pengurangan kemiskinan serta pengangguran.


Strategi TVET ini memiliki tiga bidang prioritas:

(1) Membina lapangan kerja dan kewirausahaan pemuda;

(2) Mempromosikan persamaan dan kesetaraan gender;

(3) Memfasilitasi transisi ke ekonomi hijau dan masyarakat berkelanjutan.


Strategi Pembelajaran TVET mengacu pada segala bentuk dan jenjang pendidikan dan pelatihan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pekerjaan di berbagai sektor kehidupan sosial dan ekonomi melalui metode pembelajaran formal, nonformal dan informal baik dalam konteks pembelajaran berbasis sekolah maupun berbasis kerja. Untuk mencapai maksud dan tujuannya, Strategi Pembelajaran TVET berfokus pada pembelajaran dan penguasaan teknik khusus dan prinsip-prinsip ilmiah yang mendasari teknik-teknik tersebut, serta pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai umum.


I am admin https://jumankera.com