Download Contoh SK Komunitas Belajar Sekolah (Word)

Download Contoh Surat Keputusan (SK) Komunitas Belajar Sekolah (Word)

Komunitas Belajar Sekolah adalah wadah sekumpulan guru dan tenaga kependidikan yang ada dalam satu sekolah untuk saling belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin, terjadwal dan berkelanjutan. Adanya komunitas belajar (kombel) di sekolah merupakan salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka.



Sudahkah sekolah anda membentuk komunitas belajar?

Jawaban dari pertanyaan di atas tentu bermacam-macam. Ada yang belum, ada yang sudah tetapi vakum, ada yang sudah tetapi tidak punya jadwal kegiatan rutin, dan ada yang sudah secara aktif dengan agenda kegiatan yang berjalan rutin.


Untuk saat ini, sangat disarankan Bapak Ibu memiliki komunitas belajar intrasekolah yang punya program kegiatan rutin. Selain sangat membantu kita dalam mengatasi permalasahan di kelas melalui kolaborasi antar guru, adanya komunitas belajar juga mempermudah kita dalam pemenuhan bukti dukung pengembangan kompetensi dalam penilaian kinerja.


Ya, dalam RHK aspek pengembangan kompetensi, salah satu poin yang bisa dipilih berkaitan dengan komunitas belajar, seperti sebagai peserta atau narasumber berbagi praktik baik dalam komunitas belajar. Karena lingkupnya hanya intrasekolah, tentunya akan lebih mudah terlaksana dibandingkan komunitas yang lebih besar seperti KKG/MGMP.


Dari segi penamaan, ada yang menamai kombelnya sama dengan nama sekolah. Namun ada juga yang secara kreatif memberi nama khusus seperti akronim, identitas sekolah atau kata-kata positif lain. Hal ini tentunya menjadi kewenangan warga sekolah untuk nama kombel. Namun nama khusus tentunya lebih bagus untuk menambah semangat warga sekolah dalam berperan aktif membesarkan kombelnya.


Karena saat ini keberadaan komunitas belajar sangat penting di sekolah, saya ingin membagikan salah satu kelengkapan administrasi dalam pembentukan kombel di sekolah, yaitu Surat Keputusan Kepala Sekolah. SK Komunitas Belajar ini menjadi dasar bagi guru dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan program yang telah direncanakan.


Bapak Ibu yang ingin memiliki contoh SK Komunitas Belajar di Sekolah bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:


Contoh SK Komunitas Belajar Sekolah

Bapak Ibu yang ingin memiliki contoh Surat Keputusan Komunitas Belajar di Sekolah dapat mengunduhnya melalui tautan di atas. SK ini menjadi dasar resmi untuk melaksanakan program-program yang telah direncanakan dalam komunitas belajar.

Download SK Komunitas Belajar (DISINI!)

Dokumen SK di atas sudah saya sesuaikan dengan peraturan yang terbaru, namun jika dirasa perlu penyempurnaan, silakan Bapak Ibu melengkapinya.


Mengingat pentingnya komunitas belajar untuk saat ini, mari kita bersama mengembangkan kombel di sekolah kita masing-masing. Selain menjadi ruang diskusi dalam menyelesaikan kendala terkait tugas sehari-hari, kombel juga akan mempermudah kita dalam pengisian penilaian kinerja.

I am admin https://jumankera.com