Sandi Rumput Pramuka

Sandi Rumput Pramuka

Sandi Rumput


Sandi Rumput Pramuka - Sandi Rumput Pramuka merupakan Sandi yang dibuat menyerupai rumput (rumput pendek berarti titik sedangkan rumput panjang berarti garis)


Kata sandi awal mulanya dari bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi, atau tulisan-tulisan yang bersifat rahasia. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui kunci atau cara memecahkannya. Sehingga biasanya sandi memiliki karakteristik masing-masing.


Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal, untuk itu mereka harus memiliki kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh atau mengelabui lawan-lawan atau musuhnya. Sekitar tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform. Untuk mengirimkan berita rahasia antar kota, mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur, lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di tempat tujuan, kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi.


Sandi Rumput Pramuka sebenernya hanya tulisan morse biasa, namun banyak para angggota pramuka menyebutnya sandi rumput karena menyerupai gambar rumput. Secara umum panduan sandi rumput sama halnya dengan sandi morse. Cara membuat dan membacanya jelas berbeda dengan sandi kotak pramuka.


Pedoman Sandi Rumput Pramuka

Sandi rumput disusun berdasarkan prinsip kode morse agar suatu pesan tidak mudah atau tidak dapat dibaca oleh musuh. Perbedaan antara sandi rumput dan morse sendiri ada pada cara penulisannya, dimana titik dan garis pada kode morse diganti dengan rumput kecil serta rumput besar.


No Pedoman Sandi Rumput Pramuka
1 Jika huruf strip (-) maka diganti dengan rumput panjang
2 Jika huruf titik (.) maka diganti dengan rumput pendek
3 Spasi antar huruf biasanya dipisahkan dengan garis bawah (_)

Pedoman Sandi Rumput Pramuka


Cara membaca sandi rumput pramuka

Secara sederhana, sandi rumput pramuka ini ditulis menggunakan kombinasi antara garis tinggi dan pendek yang disusun agar mirip seperti rumput yang saling berdampingan. Garis tinggi serta garis pendek merupakan pengganti titik serta strip dalam kode morse. Jadi setiap strip (-) dalam kode morse ditunjukan dengan garis rumput tinggi dalam sandi rumput, dan setiap titik (.) merupakan ditunjukan dengan garis rumput kecil, sebagaimana contoh yang sudah ditunjukan sebelumnya.

Dengan demikian, cara membaca sandi rumput pramuka, secara mudah kalian dapat mengubahnya terlebih dahulu menjadi kode morse kemudian membacanya. Di awal masa belajar, kamu harus mengandalkan catatan catatan kecil agar lebih mudah hafal. Semakin lama kalian mempraktekannya lambat laun, kalian pasti akan mudah membaca sandi rumput secara langsung.

Sandi Rumput Pramuka



Setelah memahami sandi rumput pramuka, cara membuat sandi rumput pramuka dan cara membacanya, sekarang tidak ada alasan lagi anggota pramuka untuk mengatakan bahwa sandi rumput itu sulit dipahami.

I am admin https://jumankera.com