Proses Metamorfosis : Pengertian, Siklus dan Contohnya

Proses Metamorfosis : Pengertian, Siklus dan Contohnya


Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis merupakan proses perubahan yang dialami oleh hewan dari muda menuju dewasa dalam masa pertumbuhannya. Dalam proses metamorfosis, hewan akan mengalami perubahan ukuran, bentuk dan bagian – bagian tubuh lainnya. Dalam siklus hidupnya, hewan memiliki struktur dan fungsi tubuh yang berbeda pada setiap stadiumnya.

Metamorfosis dikendalikan oleh hormon hewan sehingga tubuh hewan mengalami pertambahan, jaringan terorganisasi, dan bagian tubuh kembali terbentuk. Terdapat beberapa hewan yang mengalami proses metamorfosis diantaranya serangga, amfibi, mollusca, echinodermata dan tunicata yang mengalami proses metamorfosis sekaligus disertai perubahan habitat atau kelakuan.

Jenis – Jenis Metamorfosis dan Contoh Hewannya

Jenis metamorfosis sendiri dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis tidak sempurna dan metamorfosis sempurna. Berikut adalah penjelasannya :

1. Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase yang dinamakan pupa atau kepompong. Bentuk larva sebagai serangga muda sangat berbeda dengan serangga dewasa. Dalam perkembangannya menuju dewasa serangga yang bermetamorfosis sempurna mengalami perubahan bentuk, penampilan dan perilaku. Tahapan dari metamorfosis diantaranya fase telur, larva, pupa (kepompong) dan imago (dewasa). Contoh dari hewan – hewan bermetamorfosis sempurna diantaranya nyamuk, lalat, kupu – kupu dan katak.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk serangga yang menetas (nimfa) dengan bentuk dewasanya (imago) tidak jauh berbeda. Pada tahapan metamorfosis tidak sempurna tidak mengalami proses fase larva dan pupa. Bentuk nimfa dan dewasa tidak berbeda jauh, yang membedakan hanya ukuran tubuhnya. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah capung, kecoa, belalang dan jangkrik.

Proses Metamorfosis : Pengertian, Siklus dan Contohnya


I am admin https://jumankera.com