Jadwal Asesmen Madrasah 2024 (MI, MTs, MA)

Jadwal Asesmen Madrasah 2024 (MI, MTs, MA)


Jadwal pelaksanaan Asesmen Madrasah tahun 2024 atau waktu pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 telah diatur dalam POS Asesmen Madrasah 2024. Peraturan ini menjadi acuan dan pedoman penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM) di berbagai jenjang, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Sebagaimana diuraikan dalam POS Asesmen Madrasah, waktu pelaksanaan AM diatur dalam Bab V Poin B. Meskipun ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara, regulasi ini memberikan panduan yang mencakup ketuntasan kurikulum, kalender pendidikan madrasah, hari libur nasional/keagamaan, dan rentang waktu pelaksanaan AM.




Berdasarkan POS Asesmen Madrasah 2024, batasan waktu rentang pelaksanaan AM untuk setiap jenjang adalah sebagai berikut:

  • Rentang waktu Asesmen Madrasah jenjang Madrasah Aliyah (MA): 4 - 30 Maret 2024
  • Rentang waktu Asesmen Madrasah jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs): 22 April - 11 Mei 2024
  • Rentang waktu Asesmen Madrasah jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI): 29 April - 18 Mei 2024
Meskipun madrasah memiliki kebebasan dalam menentukan waktu pelaksanaan, perencanaan dan pelaksanaan AM harus memperhatikan ketuntasan kurikulum, kalender pendidikan, dan hari libur nasional/keagamaan.

Regulasi ini memberikan kebebasan bagi madrasah dalam memilih bentuk asesmen, menyusun kisi-kisi soal, serta membuat dan menggandakan naskah soal. Madrasah juga dapat memilih moda asesmen yang digunakan, baik Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) maupun Asesmen Berbasis Kertas (AMK).

Dengan ketentuan tersebut, madrasah penyelenggara dapat merencanakan dan menentukan kapan Asesmen Madrasah akan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing madrasah.




I am admin https://jumankera.com