Download Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Download Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan susunan rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen yang ada pada Profil Pelajar Pancasila. Modul ini dirancang dalam rangka melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan tujuan menciptakan Profil Pelajar Pancasila yang diinginkan. Dilansir dari laman Pusat Informasi Kolaborasi Kemdikbud, modul ini mengandung berbagai tema strategis yang bersifat lintas disiplin ilmu. Menurut Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek, pencapaian kompetensi peserta didik Indonesia saat ini didasarkan pada konsep Profil Pelajar Pancasila. Adapun kriteria kompetensi atau dimensinya meliputi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebinekaan global, memiliki prinsip gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Download Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila



Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila didasarkan pada beberapa dimensi tersebut, dan menjadi landasan dalam menyusunnya. Modul ini menawarkan ringkasan perencanaan kegiatan yang bertujuan menciptakan siswa-siswi Indonesia yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Sebagai acuan utama bagi para pengajar, rencana pembelajaran ini menjadi panduan ketika mereka ingin mengajarkan para muridnya. Modul P5 dirancang sebagai sarana yang memuat berbagai tema strategis yang berpotensi mencapai tujuan projek. Dalam penyusunannya, melibatkan berbagai aspek penting dari Pancasila yang telah diringkas oleh Kemendikbudristek menjadi enam dimensi (sebagaimana dijelaskan dalam pengantar). Komponen Modul P5 mencakup informasi seperti judul, mata pelajaran, kelas dan fase, penulis, tahun, capaian dan tujuan, serta detail penggunaan waktu.

Bagaimana cara menyusun Proyek P5? Berikut ini merupakan tata cara penyusunan Proyek P5 yang dapat diikuti:

  1. Kepala sekolah melakukan analisis kesiapan sekolah, kemudian mengamati kondisi dan kebutuhan peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan.
  2. Para pendidik melakukan asesmen diagnostik terhadap kondisi dan kebutuhan para muridnya.
  3. Pendidik dan para murid bersama-sama melakukan identifikasi tema beserta topik yang relevan.
  4. Pengajar mengidentifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang akan diwujudkan dalam projek tersebut.
  5. Pengajar merencanakan jenis, teknik, dan instrumen yang akan digunakan dalam melaksanakan projek.
  6. Pendidik menyusun modul berdasarkan komponen yang sesuai dengan tema dan tujuan projek.
  7. Pendidik menentukan komponen esensial yang perlu diperhatikan dalam projek.
  8. Pengajar mengkolaborasikan modul dengan komponen esensial agar projek dapat berjalan sesuai rencana.
  9. Modul yang telah disusun dapat digunakan dan dievaluasi dalam proses pengembangan berikutnya.
Dengan menggunakan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan mengikuti tata cara penyusunan Proyek P5 dengan baik, diharapkan bahwa pengajaran dan pembelajaran yang berfokus pada Profil Pelajar Pancasila akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan.

Link Download Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Tombol Download Pink Download Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

I am admin https://jumankera.com