Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK/SMA/S1


Contoh Surat Lamaran Kerja  -
Ketika Anda lulus dari sekolah menengah atas, sekolah kejuruan atau universitas dan sedang mencari pekerjaan untuk pertama kalinya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mencari pekerjaan. Salah satu dokumen penting yang harus disiapkan adalah lamaran kerja dan resume atau yang biasa dikenal dengan CV (resume). Jika Anda seorang pencari kerja yang tidak tahu cara menulis surat lamaran yang baik dan benar, maka Anda telah membuka postingan yang tepat.


Pengertian surat lamaran pekerjaan atau yang biasa dikenal dengan cover letter dalam bahasa Inggris adalah surat yang ditulis dalam bentuk rekomendasi yang memungkinkan calon untuk melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan. Formulir aplikasi merupakan dokumen penting yang sangat mempengaruhi kesan pertama HRD pada kandidat pelamar kerja. 


Format surat lamaran kerja adalah:

  1. Kepala Surat
  2. Pembuka
  3. Data Diri
  4. Kualifikasi
  5. Lampiran
  6. Penutup dan tanda Tangan


A. KEPALA SURAT

Seperti surat-surat lainnya, struktur surat lamaran kerja juga diawali dengan tujuan surat. Cara menulis tujuan surat pada surat lamaran kerja adalah menuliskan kepada siapa surat itu ditujukan, beserta dengan alamat penerima surat. 


B. PEMBUKA

Bagian selanjutnya dalam surat lamaran kerja adalah bagian pembuka dan salam pembuka. Cara membuat bagian pembuka pada surat lamaran kerja, tuliskan: salam pembuka; Informasi mengetahui lowongan kerja; nama posisi lowongan dan perusahaan yang dilamar.


C. DATA DIRI PADA SURAT LAMARAN KERJA

Pada data diri, hal yang biasanya ditulis adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, status, pendidikan, dan nomor kontak yang bisa dihubungi bisa dalam bentuk nomor telepon maupun email.


D. KUALIFIKASI

Selanjutnya merupakan bagian yang harus paling ditonjolkan pada surat lamaran kerja. Berisi kemampuan hard skill maupun softskill yang kalian kuasai.


E. LAMPIRAN

Bagian selanjutnya pada surat lamaran kerja, tuliskan dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan teserbut. Biasanya dokumen yang diperlukan akan ditulis secara lengkap pada iklan lowongan pekerjaan. Ada beberapa dokumen yang wajib dan harus disertakan saat mendaftar pekerjaan, namun juga ada beberapa dokumen khusus yang diperlukan oleh perusahaan.


F. PENUTUP

Cara menulis bagian penutup dari surat lamaran kerja, jelaskan: harapan untuk panggilan wawancara kerja; kontak informasi yang dapat dihubungi; ungkapan terima kasih; serta salam penutup



Perihal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth, 
HRD (Nama Perusahaan)
(Nama Perusahaan)
(Alamat Perusahaan)

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di (Surat Kabar/Iklan/Informasi), saya mengetahui bahwa PT. (Perusahaan yang Dilamar) sedang membuka lowongan pekerjaan untuk bagian (operator produksi). Untuk itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama         
Jenis Kelamin 
Tempat/Tanggal Lahir
Alamat         
Status         : (Menikah/Belum Menikah)
Pendidikan Terakhir 
Universitas/Sekolah
Nomor Handphone 
Email         

Saya merupakan lulusan SMK Jurusan Otomotif memiliki pengalaman magang menjadi seorang waitress selama 3 bulan. Saya memiliki kemampuan yang baik dalam bidang pelayanan konsumen, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, saya fasih dalam menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan sejumlah dokumen pelengkap, berupa:
1. Curriculum Vitae (CV)
2. Foto ukuran 3 x 4
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi Ijazah terakhir
5. Fotokopi SKCK
6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar, benarnya. Besar harapan saya untuk dapat menerima panggilan wawancara. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Nama Pelamar


I am admin https://jumankera.com