5 Game dalam Pramuka

5 Game dalam Pramuka


Game dalam pramuka bertujuan untuk mengurangi kejenuhan dan ketenagangan dalam kegiatan-kegiatan pramuka. Terlebih game dalam pramuka ini akan sangat bermanfaat ditengah-tengah pembelajaran materi-materi kepramukaan.


Game dalam pramuka ada banyak sekali jenisnya, ada permainan yang sifatnya individu maupun kelompok. Sebagaimana dirangkum dalam berbagai sumber berikut adalah 5 contoh game dalam pramuka yang asik dan menyenangkan. Game dalam pramuka ini bisa menjadi referensi untuk perkemahan nanti agar lebih seru dan mengasikan.


Game dalam Pramuka


1. Dinamika Kelompok Kapal Tenggelam

Game dalam pramuka pertama adalah dinamika kelompok kapal tenggelam. Tujuan dari game ini adalah mengurangi kekikukan peserta dalam berintegraksi dengan peserta lain dan menambah ketertiban peserta dalam proses belajar.


Langkah permainan:

  1. Mintalah peserta berdiri dalam lingkaran
  2. Jelaskan bahwa kegiatan berikut adalah permainan yang di beri nama kapal tenggelam.
  3. Minta peserta membayangkan bahwa mereka sedang naik kapal. Tiba-tiba kapal mau tenggelam. Nahkoda memerintah seluruh penumpang untuk naik ke sekoci (perahu penyelamat).
  4. Nahkoda adalah anda,sekoci adalah anggota badan peserta yang saling bersentuhan.
  5. Bila pemandu mengankat “jempol, lima”, artinya 5 peserta harus saling mentautkan jempol mereka.
  6. Peserta yang kena hukuman adalah mereka yang tidak mendapatkan pasangan / kelompok atau kelompok yang anggotanya lebih dari lima.
  7. Pemandu bisa melanjutkan dengan memberikan perintah lainnya. Seperti : siku, tiga, artinya tiga peserta harus saling mentautkan siku mereka atau : pipi, dua.
  8. Teruskan permainan sampai dirasa cukup.


2. Raja dan Ratu

Game dalam pramuka yang kedua adalah raja dan ratu. Langkah permainannya adalah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Selat behadap-hadapan di belakang masing-masing saf dengan jarak 15 m, diberi garis batas/tonggak.
  2. Aturan bermain : Anak-anak bermain dalam bentuk selat berhadap-hadapan yang kiri diberi nama Raja, yang kanan diberi nama Ratu. Pembina memberi aba : Ra..ja atau Ra..tu. Apabila Pembina memberi aba Raja, maka barisan sebelah kiri cepat balik kanan dan lari menuju batas/tonggak.
  3. Barisan kanan cepat mengejar dan menepuk barisan kiri, yang kena di tepuk harus berhenti. Anak yang sampai di batas/memegang tonggak dihitung. Permainan diulang lagi. Dalam memberi aba-aba tidak harus urut, boleh juga menyebut kata lain, misalnya rumah, rajin dsb, untuk menjebak anak-anak.
  4. Penilaian : Selesai bermain dihitung barung/regu yang paling banyak anggotanya itulah juaranya.


3. Kepiting Jantan

Game dalam pramuka yang ketiga adalah kepiting jantan. Langkah dalam permainan kepiting jantan adalah sebagai berikut:

  1. Posisi awal : Satu saf di depan barisan diberi batas dengan jarak 10 m.
  2. Aturan bermain : Anak no. 1 tiap barung/regu maju satu langkah kemudian merangkak terlentang, dengan aba dari Pembina, cepat merangkak menuju batas, yang paling cepat sampai batas mendapat angka 3, yang 2 mendapat angka 2, yang ke 3 angkanya 1, yang berikutnya tidak  mendapat angka. Kemudian giliran no 2, no. 3 sampai semua anak mendapat giliran. Permainan tidak perlu diulang dan hanya untuk anak pria.
  3. Penilaian  :Barung regu yang nilainya terbanyak juaranya.


4 Menjala Ikan

Game dalam pramuka yang keempat adalah menjala ikan. Langkah dalam permainan ini adalah :

  1. Posisi awal  : Bebas. Lapangan dibatasi dengan garis panjang 20 m dan lebar 20 m.
  2. Aturan bermain : Tunjuk satu barung/regu dan dibagi 2 kelompok bergandengan tangan, menjadi “jala”. Anak yang lain menjadi ikan, berlari-lari di lapangan. Dengan bekerjasama ke 2 jaring berusaha menangkap ikan yang sebanyak-banyaknya.
  3. Yang tertangkap berdiri di luar lapangan. Tiap 5 menit, jalanya diganti barung/regu yang lain. Anak yana di luar ikut jadi ikan/main lagi. Setelah semua barung/regu mendapat giliran menjadi jala permainan dihentikan.
  4. Penilaian : Perolehan Ikan tiap barung/regu dihitung. Yang paling banyak mendapat Ikan menjadi juara.


5. Musang dan Ayam

Game dalam pramuka kelima adalah musang dan ayam. Langkah permainan dalam game pramuka ini adalah:

  1. Posisi awal  :  Lingkaran besar anak bergandengan tangan.
  2. Aturan bermain : Dua orang dari regu A ditunjuk sebagai musang bersiap di luar lingkaran. Semua anak dari regu B sebagai ayam bersiap di dalam lingkaran. Anak yang lain membentuk lingkaran, bergandengan tangan, berjalan, dan bernyanyi. Musang berusaha menangkap ayam dan ayam berusaha menghindar dengan lari ke luar masuk lingkaran.
  3. Bila ayam melewati lingkaran di biarkan, tapi kalau musang yang akan masuk di halang-halangi. Ayam yang tertangkap, berhenti bermain dan berdiri di luar lingkaran. Musang mendapat angka kira-kira bermain 5 menit musang dan ayam diganti regu yang lain. Sampai semua regu mendapat giliran menjadi musang.
  4. Penilaian : Setelah selesai, regu terbanyak nilainya menang.


Demikian contoh game dalam pramuka yang seru dan mengasikan untuk mengisi kegiatan-kegiatan pramuka di sekolah maupun diluar sekolah. Semoga game dalam pramuka menambah manfaat untuk kita semua.

I am admin https://jumankera.com