Strategi Pembelajaran yang Efektif Pengertian dan Contohnya

Strategi Pembelajaran (Gambar oleh AkshayaPatra Foundation dari Pixabay)

Strategi pembelajaran adalah kombinasi dari beberapa rangkaian kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran siswa, bahan, alat, dan waktu yang digunakan untuk proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan. Strategi pembelajaran digunakan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan materi dan prestasi belajar siswa. Guna dapat menyampaikan pembelajaran dengan efektif dan efisien, guru perlu mengetahu berbagai jenis strategi pembelajaran sehingga mampu memilih strategi manakah yang paling tepat, efektif, dan efisien untuk mengajarkan suatu bidang studi tertentu.


Secara umum ada beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran.

1. Teknik Membaca Jigsaw: Teknik membaca dalam kelompok kecil yang fokus pada topik yang sama untuk membangun pemahaman dan kemudian saling berbagi pemahaman dengan anggota kelompok yang lain. Teknik ini membantu peserta didik mengembangkan tanggung jawab atas pemahamannya.


2. Grafik Pengorganisasi TIK: Grafik yang digunakan untuk membantu peserta didik pengorganisasikan informasi sebelum, saat dan setelah pembelajaran. Grafik ini membantu peserta didik untuk mengaktikan pengetahuan sebelumnya dan mengaitkan dengan pengetahuan yang baru.


3. Releksi: Kegiatan yang ditujukan untuk memeriksa pencapaian peserta didik pada akhir pembelajaran. Kegiatan ini membantu proses asesmen pada diri sendiri. 


4. Proyek: Kegiatan yang meminta peserta didik menghasilkan sebuah produk (media visual) dari hasil pengolahan dan sintesis informasi. Kegiatan ini membantu peserta didik mengekspresikan pemahaman dalam bentuk yang variatif.


5. 2 Stay 3 Stray: Teknik presentasi dan membagikan hasil diskusi kelompok dengan membagi ke dalam dua peran besar yaitu yang bertugas membagikan hasil diskusi dan yang bertugas mendengarkan hasil diskusi kelompok lain. Teknik ini membantu peserta didik untuk berlatih tanggung jawab kelompok dan pemahaman.


6. Diskusi Kelompok: Berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memaksimalkan peran setiap anggota kelompok. Dilanjutkan dengan berbagi informasi dari kelompok sebelumnya serta berdiskusi dalam kelompok baru untuk memperoleh tanggapan lebih banyak.


7. Jurnal Harian: Mencatat aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan topik yang sedang dibicarakan. Kegiatan ini membantu proses penilaian capaian yang berkaitan dengan penerapan nilai.


8. Project Based Learning: Metode pembelajaran berbasis proyek/kegiatan. Project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student Centered Learning), di mana peserta didik melakukan investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Dalam konteks ini, peserta didik secara konstruktif dan kolaboratif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap suatu permasalahan.


Jadi, strategi pembelajaran merupakan salah satu bagian penting yang harus dipahami oleh guru. Strategi pembelajaran dirangkai berdasarkan suatu pendekatan tertentu. Oleh karena itu, sebelum diuraikan tentang strategi pembelajaran, terlebih dahulu akan dikemukakan pengertian pendekatan.

"Belajar tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat dan ketekunan." -- Abigail Adams


I am admin https://jumankera.com